Anus Gatal Pada Anak

Selamat pagi curcol J

Hari ini saya akan share tentang gejala medis pada anak…

Gatal di anus pada anak sering kita jumpai, maka dari itu anda/kita sebagai orang tua tentu harus sangat memperhatikan kebersihan si “buah hati” demi kesehatannya… ok, kita langsung saja ke TKP materi yang akan disimak

 

Anus Gatal

Cacing Keremi merupakan penyebab umu dari gatal pada anus anak-anak. Cacing ini sangat kecil, berwarna putih, tipis, panjangnya satu sentimeter atau lebih, dan tampak seperti potongan benang putih. Cacung keremi hidup di dalam anus anak-anak, tetapi keluar pada kulit luar anus untuk bertelur. Biasanya terjadi pada malam hari, itulah sebabnya gatal akan bertambah parah pada malam hari. Cacing keremi ini tidak berbahaya, dan gejala yang ditimbulkan hanyalah gatal pada anus. Ketika penderita mengaruk pantat, telur cacing menempel di kukunya. kemudian ketika dia melakukan kontak langsung dengan anak lain atau menyentuh makanan mereka, telur akan menular ke anak lain. Beberapa minggu kemudian telur menetas dalam pencernaan anak yang baru tertular itu, sehingga daur hidup cacing keremi akan terus berlanjut.

Anak-anak yang mempunyai kebiasaan hidup kurang sehat, biasanya mudah terinfeksi, dan cacing umumnya akan menular di sekolah dan taman kanak-kanak.

Pedoman

Mendiagnosis cacing keremi biasanya ditandai dengan gatal di anus, khususnya pada malam hari. Kadang-kadang kita melihat cacing di kotoran anak. Kita dapat mengetahuinya dari bagian benang (cacing) yang menempel di kertas tisu karena mereka sangat berbelit. Jika lebih dari satu orang dalam keluarga yang mengalami gatal di anus pada saat yang bersamaan, biasanya diagnosisnya dapat ditentukan yaitu cacing keremi. Biasanya diagnosisnya tidak membutuhkan konfirmasi, tetapi jika terpaksa dokter dapat menggunakan bagian dari pita berperekat yang diletakan pada pantat anak serta memeriksanya dibawah mikroskop. Telur cacing akan melekat pada pita dan tampak pada mikroskop.

Pencegahan

Potong kuku anak pendek-pendek untuk mengurangi kemungkinan telur cacing keremi menetap dibawahnya.

Pastikan bahwa kuku disikat setelah membersihkan pantat anak sehabis buang air besar.

Celana piyama akan membantu menghentikan kebiasaan menggaruk pantat pada anak wanita daripada pakaian tidur, saat anak tidur.

Nb : Bawalah kedokter untuk mengkonfirmasikan diagnosis jika anak mengalami gatal dipantat yang tidak membaik sesudah diberi obat cacing atau jika terjadi ruam di sekitar anus (mungkin dermatitis atau infeksi jamur)

Sekian share dari kami, mudah-mudahan bermanfaat😉

Salam Sehat

Satu pemikiran pada “Anus Gatal Pada Anak

  1. berarti kalau, anak saya gatal pada pantatnya apakah ada gejala kremian?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s