Osteoartritis

Siang Curcol🙂

Kali ini saya akan share penyakit Osteoartritis🙂

Osteoartritis (OA, dikenal juga sebagai artritis degeneratif, penyakit degeneratif sendi), adalah kondisi di mana sendi terasa nyeri akibat inflamasi ringan yang timbul karena gesekan ujung-ujung tulang penyusun sendi.

Pada sendi, suatu jaringan tulang rawan yang biasa disebut dengan nama kartilago biasanya menutup ujung-ujung tulang penyusun sendi. Suatu lapisan cairan yang disebut cairan sinovial terletak di antara tulang-tulang tersebut dan bertindak sebagai bahan pelumas yang mencegah ujung-ujung tulang tersebut bergesekan dan saling mengikis satu sama lain.

Pada kondisi kekurangan cairan sinovial lapisan kartilago yang menutup ujung tulang akan bergesekan satu sama lain. Gesekan tersebut akan membuat lapisan tersebut semakin tipis dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa nyeri.

-Perbedaan Sendi normal dengan Osteoartritis

 

-Organ-organ yang sering terkena Osteoartritis

-Fakta-fakta seputar Osteoartritis

  • Merupakan kondisi nyeri yang ditandai dengan peradangan ringan akibat gesekan ujung-ujung penyusun sendi. Tulang-tulang itu saling mengikis dan bergesekan satu sam lain, lantaran cairan sinovial yang terletak antara tulang-tulang tadi mulai berkurang.
  • Acap sering terjadi pada sendi lutut,sendi panggul,sendi-sendi tangan,tulang balakang.
  • Sering menimpa wanita atau yang berusia di atas 45 tahun.
  • Beberapa faktor penyebab: reaksi alergi,infeksi,ada jamur,genetik,kelebihan berat badan,aktifitas fisik yang berlebihan,otot paha melemah,dan trauma tidak mendapatkan penanganan tepat.
  • Dapat dipicu juga antara lain,oleh penyakit rematoid artritis,gout(kelebihan kadar asam urat),dan penyakit kelebihan hormon pertumbuhan(akromegali).
  • Terapinya tergantung pada stadium.Antara lain, menurut berat badan yang mengalami obesitas,latihan menguatkan otot paha,obat antiradang dan nyeri,suplemen menumbuh tulang rawan,dan obat pelumas sendi yang disuntikan ke sendi.
  • Bisa dicegah atau dihambat dengan mengkonsumsi glukosamin dan kondroitin.Glikosamin adalah gula asam amino, banyak ditemukan pada kulit udang dan dinding sel candawan.tersedian dalam bentuk  suplemen.Sedangkan kondroitin merupakan gula bercabang,terdapat pada tulang rawan sapi dan babi,teripang,dan ikan.Telah dijual dalam bentuk suplemen.

(Diolah dari berbagai sumber)

Sekian share dari saya, Mudah-mudahan bermanfaat🙂

Salam Sehat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s