Tips Menghadapi “SKRIPSI”

Selamat siang Curcoler🙂

Lama saya tidak update, bagaimana kabar anda semua? kalau kabar saya alhamdullilah baik, sehat jasmani dan rohani, cuma dompetnya aja yang kering😀 . Maklum saya masih seorang mahasiswa. Mahasiswa? masih mahasiswa? Iya, Mahasiswa dengan seperangkat SKRIPSI yang masih mengikat dileher😀 Hehehe…

Toga Wisuda

Toga Wisuda

Ok, kali ini saya akan membagikan tips menghadapi SKRIPSI versi saya pribadi, mudah-mudahan bisa membantu curcoler/is yang sedang mencari solusi hidup membaca🙂 .

Ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum menjalani SKRIPSI, diantaranya :

  1. Lunaskan materi kuliah, iya segera anda lunasi hutang-hutang SKS yang masih berserakan dikampus, karena ini merupakan salah satu syarat yang harus mahasiswa/i lunasi untuk melenggang ke kehidupan yang lebih bersinar (dibaca-SKRIPSI).
  2. Lunaskan pembayaran kuliah, untuk yang ini sangat EMERGENCY karena biasanya pihak kampus sangat detail untuk menanyakan tentang hutang-piutang kewajiban mahasiswa/i dengan kampusnya. Saya sarankan bagi anda untuk menyimpan segala bukti transper atau pembayaran yang menyangkut dengan kuliah anda. Cara ini agar memudahkan anda dalam menghadapi SKRIPSI.
  3. Mantapkan Hati, Pikiran dan siapkan materi (uang), untuk menjalani kehidupan SKRIPSI anda harus punya Laptop dan buku buku referensi, minimal anda bisa ke Warnet dan bukunya pinjam dari teman atau Perpustakaan. Teman saya pernah bilang, ” jangan sayang untuk meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan mengeluarkan uang”.

Dan berikutnya tips saat anda menjalani SKRIPSI, silahkan disimak😀 curcoler/is :

  1. Ibadah, Utamakan ibadah dan doa untuk minta pada-Nya(Allah/Tuhan) segala kemudahan, rejeki, kesehatan, dan jodoh😀 , karena faktor-faktor tersebut yang akan membuat anda tahan banting dari segala siksaan cobaan SKRIPSI.
  2. Orang Tua, Mintalah restu dan doa dari kedua orang tua anda, karena doa ibu, restu ibu adalah restu-Nya.🙂
  3. Dosen, untuk yang ini anda harus pandai mengambil hati dan dekat dengannya. Upayakan untuk selalu berkomunikasi dengan dosen baik face to face ataupun via telepon/chating/sms. Untuk kasus yang saya lihat, perhatikan dan cermati di lapangan, Sungguh sangat beruntung bagi mahasiswa/i yang bisa dekat dengan dosen karena SKRIPSI-nya dimudahkan walaupun belum tentu skripsi tersebut benar (dibaca-Masih ada Salah).
  4. Materi, Sangat penting memahami tema-materi yang akan kita ambil untuk dijadikan sebuah penelitian dalam bentuk SKRIPSI karena kita harus bisa menyesuaikan (materi-konsep) dengan masalah penelitian kita. Jangan membuat “JUDUL” yang nantinya malah akan menyusahkan anda dalam mengkonsep maupun mengaplikasiannya dilapangan sehingga akibatnya anda mengalami yang namanya “Gonta-ganti judul, Bingung konsepnya, Tidak tahu dan mengerti perhitungan hasil penelitiannya” dan membuat anda gagal dalam SKRIPSI tertunda.
  5. Teman, berdasarkan pengalaman saya dilapangan😀 , di situasi ini anda akan benar-benar tahu siapa teman, teman makan teman, teman tikam teman, dan benar-benar SAHABAT !!. Saya sarankan bagi anda untuk selalu menjaga pertemanan atau persahabatan, karena mereka tempat anda sharing dan saling membantu dalam memberikan solusi. Sungguh sangat terasa, benar-benar sangat terasa persahabatan yang terjalin, masuk kuliah bersama dan insya’allah GRADUATE (WISUDA) pun bersama🙂
  6. Be YourSelf, iya ini akan memudahkan anda dalam melangkah dan menentukan ketika menjalani SKRIPSI. Ikuti kata hati di jalan yang lurus, jujur, fokus. Anda akan menghadapi banyak godaan seperti rasa malas, malas, dan malas. Ketika itu terjadi ingatlah Orang tua anda, sujudlah pada-Nya dalam ibadah dan mintalah untuk diberikan segala kemudahan. (Hasbunallah Wa Ni’mal Wakil Ni’mal Maula Wa Ni’mal Nashir)
Ini adalah moment yang sangat kita nantikan sebagai mahasiswa/i (WISUDA)

Ini adalah moment yang sangat kita nantikan sebagai mahasiswa/i (WISUDA)

Mungkin itu saja segelintir sedikit tips yang bisa saya bagikan untuk anda, semoga bisa membantu ataupun mengingatkan anda dalam melangkah di ‘kehidupan SKRIPSI”.

Bagi yang ingin menambahkan materi, bertanya, kritik dan saran silahkan tinggal pesan di kolom komentar insya’allah nanti akan saya balas, Terima Kasih🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s